Thursday, November 11, 2010

Bicara Masa Depan Mulai Sekarang

"Yesterday is history, tomorrow is a mystery, but today is a gift. That is why it is called the "present."(Kungfu Panda - 2008)

Siapa yang sepakat dengan quotes tersebut? Masuk akal memang, soalnya kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi pada kita di masa yang akan datang, Eits, meskipun nggak tahu, tapi kan bukan berarti kita nggak bisa membuat prediksi atau membayangkan apa sih yang akan terjadi di masa depan. Seperti yang dilakukan oleh salah satu universitas swasta ternama di Surabaya, yaitu Universitas Surabaya atau kita biasa menyingkatnya dengan sebutan Ubaya.

Melalui acaranya yang bertajuk Ubaya Carnival 2010 - Design Your Future with Ubaya yang diadakan di atrium Tunjungan Plaza III ini, Ubaya tergerak untuk mengajak seluruh entitas masyarakat agar ikut peduli terhadap kondisi kehidupan di masa depan. Idenya cukup unik, karena Ubaya menggabungkan berbagai macam kegiatan menjadi sebuah even besar. Tentu saja agar acara yang digelar mulai tanggal 10 November hingga 14 November 2010 tersebut bisa dinikmati oleh seluruh kalangan.

Salah satu rangkaian acara yang mendapat animo peserta cukup banyak adalah kompetisi yang terbagi menjadi kategori SMP, SMA, Perguruan Tinggi dan Umum. Total ada enambelas jenis kompetisi yang bisa diikuti, antara lain : Photography on the Spot, Creative Dance Competition, Digital Comics and Coloring, Economics Game, Bag Decorating, Inspiring Flash Competition, dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak hanya menggelar kompetisi dengan total hadiah jutaan rupiah, namun tak ketinggalan pula talkshow yang diselenggarakan pada dua hari pertama acara Ubaya Carnival 2010. Salah satunya mengangkat topik 'Economic Outlook' yang mengundang pembicara Tri Rismaharini, Walikota Surabaya.

Menarik : Pengunjung Silih Berganti Memadati Area Ubaya Carnival 2010

Selain itu, di venue pengunjung bisa mendatangi lima macam booth yang disediakan panitia. Booth-booth tersebut mengangkat lima aspek berbeda yang mengedepankan isu tentang future alias masa depan. Booth Triple T Revolution memajang aneka macam karya mahasiswa yang berhubungan dengan transportasi, travel, dan telekomunikasi (Triple T). Jika ingin tahu seluk beluk teknologi air bersih dan sumber energi pengunjung bisa menengok booth Natural Resources and Product Area. Sedangkan di Health Care Center, pengunjung akan diajak untuk lebih concern mengenai kesehatan. Selanjutnya, permasalahan-permasalahan seputar hak azasi, hukum, psikologi sosial, dan konservasi lingkungan bisa ditemukan di booth Civilized Living. Disini juga ada maket yang menggambarkan kondisi kota di masa depan. Menarik kan? Terakhir, booth Bussiness Trend Center yang mengetengahkan masalah ekonomi dan perdagangan. Pengunjung bisa berkonsultasi mengenai pajak & akuntansi, juga tentang desain produk.

Sejak hari pertama pembukaan acara Ubaya Carnival 2010 tidak pernah sepi pengunjung. Rata-rata memang ingin tahu tentang apa saja yang ada di venue acara. Seperti yang dilakukan oleh Aditya Dwi. Mahasiswa salah satu Universitas Negeri di Surabaya ini nampak asyik melihat-lihat dari satu booth ke booth yang lain. "Tadinya kesini berniat mau jalan-jalan aja, terus pas lihat ke atrium kok kayaknya ramai langsung aja aku turun. Lumayan, ke Mall bisa sekalian dapet pengetahuan baru," ujarnya. "Salut deh sama Ubaya bisa bikin acara semacam ini. Nggak gampang lho bikinnya. Moga-moga nanti kampusku bisa mengikuti jejaknya buat bikin acara serupa. He he," imbuhnya.
Tak hanya anak-anak muda saja yang berkerumun di sekitar booth, para orangtua juga tidak segan untuk ikut meramaikan area atrium. Tidak perlu khawatir juga, karena di setiap booth pasti ada panitia yang dengan ramah akan memberikan penjelasan.

Acara yang digagas oleh pihak Marketing Public Relation (MPR) Ubaya bekerjasama dengan mahasiswa ini merupakan even Ubaya Carnival perdana. Siapa sangka sambutannya sudah meriah. Rencananya acara ini akan digelar rutin setiap tahun. Bagi yang belum sempat datang, masih ada kesempatan sampai hari Minggu (14/11) mendatang. Pada hari terakhir penyelenggaraan, penyanyi muda berbakat Sherina akan ikut meramaikan acara, dilanjutkan dengan pengumuman pemenang aneka macam kompetisi. (dee)

Keep dreaming, don't stop talking about future, and being concern with our environment. (:

2 comments:

  1. kapan ya acaranya #SENSOR# bsa kyk gtu.... hah... mimpi... aku salut bca artikel di JP tntang acara ini... mreka mau ngilangin acara mreka yng udh dikonsep klo dkira kurang menarik... lgi2 klo di #SENSOR# ... waduh gak bkalan bsa... mreka cma mentingin adanya suatu acara sebagai proker terlepas sukses or no... tpi mnrut mreka slalu sukses... I don't have any idea about their benchmark... #Ruwet

    ReplyDelete
  2. hahahaha... ironis ya...bikin acara cuma sekedar realisasi proker. berlomba-lomba bikin even dg jadwal padat, tapi hasil juga seadanya. coba panitianya mau sedikit idealis. :p

    ReplyDelete